MPLS SDV 1 Langkah Awal Bertumbuh Bersama Menjadi Pribadi yang Mandiri dan Berprestasi

 

    Mengawali tahun ajaran baru 2024-2025 merupakan tahapan penting bagi peserta didik baru di SDK St. Vincentius 1 Surabaya. Tahap pertama ini di sebut MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. MPLS di SDV ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 15 Juli - 17 Juli 2024. Dimana setiap kegiatan selama MPLS di susun semenyenangkan mungkin sebagaimana arahan dari Kemendikbud.

    Transisi dari PAUD ke SD ini tidak hanya memperkenalkan siswa baru dengan lingkungan sekolah tetapi juga mengenalkan budaya yang ada di sekolah serta mempersiapkan siswa baru untuk menghadapi tantangan sekolah dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ada pun tema yang dipilih untuk kegiatan MPLS dan kegiatan satu tahun ke depan adalah "Bertumbuh Bersama Menjadi Pribadi yang Mandiri dan Berprestasi" dengan harapan semua peserta didik dapat bertumbuh dan berkembang bersama mengarah ke hal yang lebih baik.


    Kegiatan MPLS di hari pertama antara lain adalah penyerahan perwakilan peserta didik ke pihak sekolah dan yayasan yang kemudian di lanjutkan sambutan hangat dari perwakilan wali murid, pemotongan pita oleh Kepala SDV dan Pamong Unit, mengantar peserta didik baru bergabung bersama peserta didik kelas 2 - 6. Selanjutnya kegiatan dilaksanakan bersama di Bangsal SDV dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SDK St. Vincentius 1 serta dilanjutkan kegiatan gerak dan lagu serta perkenalan Guru/Karyawan SDK St. Vincentius 1.

    Kegiatan MPLS di hari kedua tentu dibuat berbeda dengan kegiatan sebelumnya. Pada hari kedua ini, peserta didik baru diajak untuk melakukan kegiatan senam pagi bersama-sama di Lapangan Bola SDV. Selanjutnya tidak lupa mereka di ajak juga melakukan beberapa kegiatan ice breaking (gerak dan lagu). Baru setelah itu, peserta didik baru kelas 1 memiliki kegiatan berkeliling lingkungan sekolah agar mereka dapat mengenal dan memami letak-letak ruangan yang ada di sekolah.

    Lalu kegiatan MPLS di hari ketiga antara lain adalah melakukan kegiatan menari Tari Remo bersama di Lapangan Bola SDV yang di pimpin oleh semua peserta didik kelas 5. Baik Suster/Kepala Sekolah/Guru/Karyawan SDV juga ikut ambil bagian dalam menari bersama. Para peserta didik baru pun juga tidak kalah semangat berusaha mencoba menarikan meskipun masih belum bisa. Setelah itu, peserta didik baru diajak mendengarkan lagu tentang 4 kata ajaib (Permisi, Tolong, Maaf, dan Terima Kasih) yang merupakan hal positif yang harus mereka lakukan. Selanjutnya, mereka diajak untuk bermain permainan tradisional yang ada di sekolah seperti hula hoop dan engklek. Mereka semua bergembira bersama.

    Lalu pada hari ini (Kamis, 18 Juli 2024), SDK St. Vincentius 1 mengajak para peserta didik dan wali murid peserta didik baru yang berkenan hadir untuk ikut ambil bagian dalam Perayaan Sakramen Ekaristi Awal Tahun Ajaran 2024-2025. Dimana perayaan hari ini dilakukan dengan maksud untuk memohon berkat rahmat untuk memulai tahun ajaran yang baru. Semoga SDK St. Vincentius 1 beserta keluarga besar sekolah mampu untuk bertumbuh bersama menjadi pribadi yang mandiri dan berprestasi.